Halaman

Jumat, 08 November 2013

Foto Sebagai Media Komunikasi

Foto yang baik tentu menghasilkan dampak yang baik pula bagi yang melihatnya, sehingga pesan-pesan yang digambarkan oleh foto tersebut akan memberi arti yang mendalam bagi penikmatnya. Robert Capa seorang fotografer jurnalistik yang telah membuat karya fundamental ., dimana dia dapat mengabadikan kekejaman perang Spanyol tahun 1936. Karyanya yang berjudul Death of a Loyalist Soldier (kematian Seorang Serdadu yang Setia) sangat dramatic itu telah mengguncangkan dunia bukan hanya di Prancis saja fotonya dimuat tetapi juga majalah Life memuatnya. Karya ini merupakan karya jurnalistik yang berhasil , dimana dapat menggambarkan situasi yang mengguncangkan kemanusiaan akibat peperangan sehingga akan memberi dampak akan perang itu sendiri.
Seorang lagi fotografer yang bertugas sewaktu perang Vietnam telah memuat fotonya diberbagai media masa , seorang anak gadis kecil bertelanjang yang penuh luka mortir sedang berlari kesakitan , foto ini berdampak luas sehingga perang Veitnam itu akhirnya berhenti juga. Peristiwa diatas merupakan contoh dari begitu efektifnya hasil fotografi mempengaruhi dan membawa pesan bagi orang lain/ khalayak. Sebagai hasil sebuah karya, foto juga dapat membantu para pengiklan untuk mempromosikan kan produknya, baik itu barang harian maupun barang barang konsuntif lainnya. Iklan rokok, iklan mobil mewah, iklan produk mie instant dan lain sebagainya. Didunia pendidikan , karya fotografi dimanfaatkan sebagai media belajar dan pembelajaran. Sebagai media, foto berperan sebagai sumber belajar yang mampu meberikan kedekatan kepada benda aslinya, sehingga proses belajar mengajar yang terjadi disekolah tersebut menjadi efektif dan efesien. Pelajaran mengenai binatang dan bentuknya bisa dilakukan dengan efektif tanpa membawa anak/peserta didik untuk kekebun binatang , hal ini bisa digantikan dengan foto - foto binatang yang akan diajarkan pada peserta didik tersebut. Dari beberapa contoh diatas dimana foto dapat menyampaikan pesan yang mampu mempengaruhi khalayak untuk melakukan sesuatu, baik itu dalam mengambil suatu keputusan maupun dalam proses belajar mengajar. Gambar atau fota yang baik itu akan memberikan pengaruh terhadap lingkungannnya .
Pengharuh itu antara lain adalah :
a. Menyatukan persepsi yang berbeda
b. Lebih meyakinkan ( mengenai informasi yang ditafsirkan)
c. Mengingat kembali peristiwa yang terjadi
d. Menimbulkan efek emosional pada penonton/pemirsa.
 Maka dapat disimpulkan karya foto yang dihasilkan dan dipaparkan secara baik akan menjadikan foto itu sebagai media komunikasi yang efektif dan efesien.

0 komentar:

Posting Komentar