Halaman

Jumat, 08 November 2013

BAGAIMANA MENJADI SEORANG AHLI IT

Bidang komputer itu luas banget, ada bidang tehnisnya (hardware) ada juga bidang softwarenya (termasuk OS dan aplikasi). dari sini kita harus membagi atau memilih kemana kita maunya (untuk menjadi ahli). kalau kita memfokuskan ke software, dibidang apa software tersebut? apakah ke bahasa pemrograman, web development, design grafis dan lain-lain. sebaiknya fokuskan pada satu hal yang ingin kita kejar dulu, sehinga kita bener-bener bisa menjadi seorang yang ahli (dibidangnya). kalau sudah tahu fokus kita, kita bisa menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan termasuk komputer itu sendiri dan buku-buku pendukung lainnya
Secara umum ada 3 bidang dalam komputer:
1. Hardware (Teknik Komputer);
bidang ini fokusnya ke masalah hardware dan periperal kompi. Kalo mo jadi ahli ini, pelajari ttg hardware kompi, OS dan sering bereksperimen dengan hardware nya kompi.
2. Software (Sistem Informasi); bidang ini lebih kepada membuat sistem.
Bidang ini jugha memiliki sub2 kategori:
a. Programmer, membuat sistem. Kalo mo jadi seperti ini, pelajari algoritma pemograman suatu bahasa.
b. Sistem Informasi, ini yg merancang sistem kalo mo jadi seperti ini, pelajari ttg dfd, erd dan segala tetek bengeknya. Atau kalo mo yg oop pelajari dalam bentuk oop nya. Dan biasa nya, kalo mo ke bidang ini terlebih dahulu dia menjadi programmer(menguasai algoritma pemograman).
c. Sistem database, ini biasa nya yg bertanggung jawab terhadap database.
Pelajari dasar2 database, cara membuat database, sintak sql, t-sql sampe ke advance nya(trigger, backup data, storeprocedure, etc).
3. Server (Sysadmin), ini bagian yg menangani server dan jaringan.
Kalo mo jadi seperti ini pelajari dasar2 server dan jaringan. Lalu kuasai salah satu OS server(Linux, microsoft->windows, mac, etc).
Ingat, dunia Komputer sangat cepat berkembang, jika anda ingin terjun ke dunia ini, upgrade terus pengetahuan anda. Jangan sampe statik. Ingat jugha, di dunia ini jarang bgt seseorang yang menguasai ketiga bidang tersebut secara advanced.
Pilih salah satu yg ingin anda kuasai secara advanced.

0 komentar:

Posting Komentar